Desa Kerjo Kidul daftarkan 289 Bidang Tanah untuk diSertifikatkan lewat PTSL

  — Sebagian besar masyarakat Desa Ker Kidul belum mensertifikatkan tanahnya dengan alasan biaya mahal sehingga terkadang melahirkan masalah yang berujung konflik hukum. Termasuk tumpang tindih kepemilikan surat tanah di masyarakat.

Oleh karena itu, BPN menerbitkan PTSL untuk mendaftarkan objek tanah dengan harga terjangkau dalam satu wilayah desa/kelurahan meliputi pengumpulan data fisik dan data yuridis.

Kepala Desa Kerjo Kidul, Giyanto  mengatakan dirinya merasa senang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) karena meringankan beban warga terkait dengan pengajuan PTSL.

Dirinya menargetkan 289 bidang tanah di Desanya yang didaftarkan lewat  PTSL rampung pada September 2019.

Tujuan PTSL untuk mengurangi kisruh hak kepemilikan terhadap tanah dan memberikan peluang bagi orang untuk mengembangkan usaha karena sertifikat PTSL bisa dijaminkan sebagai modal usaha.

PTSL di Desa Kerjo Kidul, prosesnya sudah dilimpahkan ke panitia, untuk iuran yang pasti sesuai permintaan warga, melalui musdes .

Untuk   pengukuran tanah akan melibatkan pemilik tanah, panitia dan para Kepala Dusun yang terkait. Saat ini masih dalam tahap pemberkasan, verifikasi data, dan pencocokan lahan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan