Pelatihan Relawan Desa Tanggap Bencana (Destana) Kerjo Kidul

Wonogiri– Kegiatan Pelatihan Relawan Desa Tanggap Bencana (Destana) yang dilangsungkan pada Jumat  (06/12/2019), bertempat di Balai Desa Kerjo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, bersama Dinas BPBD dan PMI Kabupaten Wonogiri yang diikuti puluhan orang, berjalan dengan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut  BPBD Kabupaten Wonogiri , PMI Kabupaten Wonogiri , camat Ngadirojo, Kepala Desa Kerjo kidul, dan Relawan Destana Desa Kerjo Kidul.

Dalam acara tersebut Tema yang dikedepankan adalah bahwa Relawan senantiasa mengedepankan koordinasi dan sinkronisasi dengan berbahai pihak terkait, apalagi bencana tidak pernah akan diketahui mulainya dan kapan berakhirnya.relawan harus ikhlas dan berjiwa kemanusiaan paling tidak dapat membantu dan mengurangi beban warga yang terkena bencana.

Dalam Kegiatan Tersebut dipaparkan materi pentingnya Relawan Desa Tanggap Bencana (Destana), dan teori-teori tentang penanggulangan bencana, Serta diadakan Simulasi.

Setelah Materi selesai dilanjutkan   Praktek tentang bagaimana cara menaggulangi bencana yang terjadi dimasyarakat supaya semua tahu apa yang harus dilakukan apabila terjadi bencana alam.Penanggulangan sejak dini lebih penting. Dalam materi praktek ini para Relawan cukup senang dan sangat memperhatikan, sehingga acara terkesan serius tapi santai.

Menurut  BPBD Agar selalu Meningkatkan kapasitas relawan, sehingga dapat terkordinasi dalam melakukan tindakan pertolongan dan penyelamatan korban bencana, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan relawan dalam penyelamatan korban bencana. (Tri.S)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan